Pengetahuan yang harus dimiliki oleh team work atau personil dalam rekayasa web cukup kompleks, hal ini karena memang banyak bagian yang harus dicermati agar proses rekayasa web bisa sesuai tujuan. Berikut ini pengetahuan utama yang harus dikuasai, dipahami dan mampu diaplikasikan dalam webe.
Network Engineering
1. Lapisan Fisik (jenis, kemampuan, dan keterbatasan alat penyebar sinyal jaringan komputer – fiber optik, jaringan kabel dan nirkabel, pengodean)
2. Lapisan Internet (IP, analsis dan desain algoritme routing)
3. Lapisan Transport (analisis dan desain protokol yg dapat dipercaya)
4. Lapisan Aplikasi (memahami : http, smtp, pop,soap, ftp dan LDAP)
5. Kinerja
Software Engineering
1. Proses
2. Kebutuhan
3. Arsitektur
4. Desain
5. Pengujian
6. Lingkungan
Database and Storage
1. Desain Data (relasi entitas dan model data semantik dan translasinya ke dalam skema basis data relasional – struktur pohon, xml, aljabar relasional, kalkulus relasional)
2. Bahasa Query basis data [mengembalikan informasi – SQL dan QBE]
3. Teori Mesin Pencari
4. Fisik alat penyimpanan
Hypermedia
1. Desain (teknik penstrukturab dan pemisahan ruang informasi ke dalam page hypermedia)
2. Visualisasi (teknik grafis untuk menyampaikan suatu ikhtisar dalam web)
3. Usabilitas (teknik analisis dan desain untuk meyakinkan situs web agar efisien)
4. Tool Kolaboratif (sotware jaringan hipermedia untuk edit web)
1. Lapisan Fisik (jenis, kemampuan, dan keterbatasan alat penyebar sinyal jaringan komputer – fiber optik, jaringan kabel dan nirkabel, pengodean)
2. Lapisan Internet (IP, analsis dan desain algoritme routing)
3. Lapisan Transport (analisis dan desain protokol yg dapat dipercaya)
4. Lapisan Aplikasi (memahami : http, smtp, pop,soap, ftp dan LDAP)
5. Kinerja
Software Engineering
1. Proses
2. Kebutuhan
3. Arsitektur
4. Desain
5. Pengujian
6. Lingkungan
Database and Storage
1. Desain Data (relasi entitas dan model data semantik dan translasinya ke dalam skema basis data relasional – struktur pohon, xml, aljabar relasional, kalkulus relasional)
2. Bahasa Query basis data [mengembalikan informasi – SQL dan QBE]
3. Teori Mesin Pencari
4. Fisik alat penyimpanan
Hypermedia
1. Desain (teknik penstrukturab dan pemisahan ruang informasi ke dalam page hypermedia)
2. Visualisasi (teknik grafis untuk menyampaikan suatu ikhtisar dalam web)
3. Usabilitas (teknik analisis dan desain untuk meyakinkan situs web agar efisien)
4. Tool Kolaboratif (sotware jaringan hipermedia untuk edit web)